Pacu Ekspor, Pemerintah Naikkan Pembiayaan UKM Hingga 52 Persen

This item was filled under [ Info bisnis ]

DBS Bukalapak

Pemerintah menginstruksikan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Bank Exim meningkatkan pembiayaan bagi industri kecil dan menengah (IKM). Ini merupakan upaya pemerintah menggenjot ekspor produk-produk IKM tahun ini.

Direktur Eksekutif LPEI Susiwijono Moegiarso mengatakan total realisasi pembiayaan yang disalurkan Bank Exim sepanjang tahun lalu mencapai Rp 88, 4 triliun. Dari jumlah tersebut sebesar Rp 10, 5 triliun diantaranya didistribusikan untuk industri kecil dan menengah.

“Tahun ini kami diminta untuk meningkatkan porsi pembiayaan sebesar Rp 102, 6 triliun, dengan target untuk IKM naik menjadi 51-52 persen, sehingga diharapkan mencapai Rp15-16 triliun, ” ujarnya di Jakarta, Selasa (14/2). (Baca: 17 Bank Swasta Belum Penuhi Target Penyaluran Kredit UMKM)

Peningkatan pembiayaan ini merupakan salah satu komitmen yang disepakati dalam nota kesepahaman (MoU) antara LPEI dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Penandatangan MoU yang dilakukan hari ini, bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk IKM. …

Selengkapnya : Pacu Ekspor, Pemerintah Naikkan Pembiayaan UKM Hingga 52 Persen