Operasi Pasar Dinilai Tak Jelas, DPR Panggil Menteri Pertanian

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pasar Daging

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan meminta keterangan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Perum Bulog. Panggilan tersebut terkait langkah Bulog menggelar operasi pasar untuk menekan harga daging sapi yang dimulai sejak kemarin. 

Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Maulady meragukan Kementerian Pertanian dan Bulog memiliki stok memadai untuk mengintervensi harga daging di pasaran. Sebab, Bulog dinilai tidak memiliki persediaan selain dengan cara mengimpor. (Baca juga: Amankan Harga, Bulog Akan Borong 23 Ribu Ton Bawang Merah).

Viva khawatir pemerintah hanya melakukan jual beli daging sapi semata. Akibatnya, hanya memunculkan subsidi harga yang dapat hilang begitu saja. “Tidak masalah membantu konsumen, cuma mau sampai berapa hari melakukan ini, ” kata Viva di Coffee Veteran, Jakarta, Senin, 6 Juni 2016.

Idealnya, dia melanjutkan, instansi yang melakukan operasi pasar memiliki persediaan untuk menjual dengan harga subsidi. Misalnya, Bulog tepat melakukan operasi pasar pada beras sebab mempunyai timbunan yang banyak.

Sebaliknya, tidak pas bila Bulog menerapkannya pada daging …

Selengkapnya : Operasi Pasar Dinilai Tak Jelas, DPR Panggil Menteri Pertanian