OJK Akan Tegur Bank Singapura Penghambat Tax Amnesty

This item was filled under [ Info bisnis ]

Gedung OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan perbankan Singapura yang beroperasi di Indonesia agar tidak mengikuti langkah induk usahanya di Singapura. Langkah yang dimaksud adalah melaporkan transaksi keuangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengikuti tax amnesty dan merepatriasi dananya.

Peringatan tersebut disampaikan OJK ketika memanggil beberapa bank asing asal Singapura, Selasa (20/9) lalu. Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Nelson Tampubolon menyatakan, otoritas akan melayangkan teguran apabila bank tersebut membantu induknya melaporkan transaksi keuangan WNI yang ingin merepatriasi dananya. “Kalau ada informasi bahwa dia (cabang) melapor maka akan kami tegur, ” katanya di Jakarta, Kamis (22/9).

Menurut dia, bank-bank asing asal Singapura yang dipanggil memahami permintaan OJK tersebut. Apalagi, bank-bank asing ini termasuk sebagai gateway (pintu gerbang) dana repatriasi. “Bank tersebut kan gateway, harusnya dibantu kelancarannya, ” ujar Nelson. (Baca juga: OJK Panggil Tiga Bank Singapura Terkait Tax Amnesty)

Ada tiga bank asing yang dipanggil OJK terkait perintah pelaporan di Singapura, yaitu OCBC NISP, …

Selengkapnya : OJK Akan Tegur Bank Singapura Penghambat Tax Amnesty