Mundur Lagi, Investor Kilang Tuban Dipilih Akhir April

This item was filled under [ Info bisnis ]

Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) hingga kini belum memutuskan investor yang akan menjadimitranya untuk membangun kilang minyak di Tuban. Padahal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini pernah menargetkan pengumuman investor kilang tersebut pada akhir Februari lalu.

Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengaku belum mengumumkan investor Kilang Tuban karena Pertamina masih mempertimbangkan banyak hal. Meski begitu, dia optimistis seluruh proses seleksi calon mitra Pertamina untuk membangun kilang minyak itu bakal rampung akhir April ini. “Ini untuk investasi yang sangat besar sekitar US$ 12 miliar, ini tidak main-main, ” kata dia seusai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (19/4). 

Saat ini, Pertamina masih melakukan uji tuntas (due diligence) terhadap lima calon investor Kilang Tuban. Kebetulan, semuanya berasal dari luar negeri: Saudi Aramco dari Arab Saudi, Kuwait Petroleum Inc dari Kuwait, Sinopec asal Cina, Rosneft dari Rusia, dan konsorsium Thai Oil Thailand dan PTT GC Thailand. (Baca: Investor Kilang …

Selengkapnya : Mundur Lagi, Investor Kilang Tuban Dipilih Akhir April