Modal Ventura Dapat Fasilitas KUR untuk Biayai Startup

This item was filled under [ Info bisnis ]

eCommerce

Pemerintah berencana memperkuat pendanaan modal ventura bagi perusahaan perintis atau startup. Caranya, dengan melakukan konversi pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang saat ini telah dikucurkan.  Dengan pola ini, startup tersebut akan mendapatkan bunga setara KUR yakni sembilan persen.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan langkah tersebut perlu diambil mengingat skema pinjaman perbankan tidak cocok untuk bisnis startup. Targetnya, aturan konversi dapat diselesaikan tahun ini sehingga pada 2017 program tersebut dapat direplikasi dengan nominal kredit rakyat yang mencapai Rp 120 triliun. “Kalau pakai pinjaman bank, mati mereka. Dipinjami hari ini, bulan depan harus bayar, ” kata Rudiantara, Rabu, 27 April 2016.

Menurutnya, dua Badan Usaha Milik Negara, PT Bahana Securities dan PT Danareksa Sekuritas, dipertimbangkan menjadi pengelola dana konversi ini. Sedangkan penyalurannya bisa menggunakan merchant e-commerce yang telah ada agar lebih mudah. Sebagai contoh, hal itu bisa diterapkan ke Tokopedia yang memiliki 500 ribu merchant dan dengan prinsip Know Your Customer yang …

Selengkapnya : Modal Ventura Dapat Fasilitas KUR untuk Biayai Startup