Meski Bunga Rendah, Pengusaha Tak Minat Berutang ke Bank

This item was filled under [ Info bisnis ]

Bank uang

Harapan Bank Indonesia (BI) memangkas secara agresif suku bunga acuan BI 7-Day Repo Rate untuk memacu penyaluran kredit, tampaknya masih sulit terwujud. Para pengusaha yang berhimpun di dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) belum berminat meminjam uang ke bank untuk ekspansi usaha. Alasannya, permintaan pasar belum pulih.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani memperkirakan, pelaku usaha baru akan melakukan ekspansi usaha pada kuartal kedua tahun depan. “(Sekarang) mau pinjam tidak begitu berminat, karena pasar turun, ekspansi usaha direm, maka penyaluran kredit juga turun, ” katanya kepada Katadata, Jumat (21/10).

(Baca juga: Ekonomi Lambat, OJK Revisi Pertumbuhan Kredit Jadi 7 Persen)

Meski begitu, Hariyadi tetap menyambut positif langkah BI menurunkan suku bunga acuan. Dengan begitu, tingkat bunga kredit akan semakin menarik. Seperti diketahui, dalam Rapat Dewan Gubernur BI pada 19-20 Oktober lalu, BI menurunkan BI 7-Day Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4, 75 persen.

Namun, untuk mendorong dunia usaha, Hariyadi berpendapat, kuncinya terletak pada pemerintah. “Harus didorong betul kebijakan-kebijakan …

Selengkapnya : Meski Bunga Rendah, Pengusaha Tak Minat Berutang ke Bank