Menyaksikan Tempat Sejarah Perjuangan Nabi Lawan Kaum Quraisy di Jabal Tsur

This item was filled under [ Paragraf ]
Jakarta
Ziarah Kota Makkah seringkali menjadi agenda yang masuk dalam rangkaian ibadah umroh, dimana jamaah umroh akan dibawa berkeliling mendatangi tempat-tempat bersejarah di masa hidupnya Rasulullah dan para nabi. Berbicara soal ziarah di Kota Makkah, kunjungan ke Jabal Tsur tentu tidak boleh terlewatkan.

Bersama rombongan umroh dari brand hijab Zoya, Senin (28/3/2016), Wolipop pun menapaki bukit yang dalam bahasa Arab mengandung arti ‘kerbau’ ini. Cuaca kala itu bersuhu sekitar 35 derajat Celcius. Tidak terlalu panas untuk ukuran suhu di Arab Saudi, yang biasanya bisa mencapai lebih dari 37 derajat Celcius.

“Jabal Tsur merupakan tempat Nabi Muhammad SAW sembunyi dari kaum Quraisy ketika berhijrah dari Makkah ke Madinah. Kala itu Rasulullah diperintahkan Allah berhijrah untuk membantu kaum muslimin yang masih lemah dan disiksa. Ia ditemani sahabat tercintanya Abu Bakar Ash-Shiddiq,” jelas pemandu rombongan umroh Fachrurozi.

Pria yang sudah lima tahun tinggal di Arab Saudi ini kembali menjelaskan bahwa bukit Tsur memiliki bentuk seperti setengah lingkaran. Mengapa dinamakan kerbau, karena jika diperhatikan, lengkungan gunung bentuknya menyerupai kerbau. Di gua salah satu puncak gunung itulah terdapat Gua Tsur yang menjadi tempat persembunyian nabi tiga hari lamanya.

“Saat itu Allah SWT mengirimkan bala bantuan berupa laba-laba dan burung merpati yang membuat sarang-sarang untuk menutup mulut gua. Kenapa Allah SWT justru mengirimkan hewan yang lemah? Karena untuk mengingatkan memang betapa lemahnya manusia di hadapan Tuhan,” tuturnya.

Kini Jabal Tsur menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi para jamaah umroh maupun haji. Beberapa jamaah pun memanfaatkan momen ziarah ini untuk berfoto di depan bukit penuh sejarah dan saksi bisu kebesaran Allah.

Medan di sekitar Jabal Tsur dipenuhi tanah, kerikil serta lembah-lembah batu. Kala itu rombongan hanya dipersilakan berjalan menyusuri sekitar kaki bukitnya saja.

Mendaki Jabal Tsur hingga sampai ke Gua Tsur, memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Sehingga perjalanan turun-naik bukit bisa memakan waktu total 2,5 hingga 4 jam. (hst/kik)

Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed

Powered by WPeMatico