Menteri ESDM Panggil Kontraktor Migas Penunggak Rp 4,4 Triliun

This item was filled under [ Info bisnis ]

Sumur Minyak

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera memanggil para kontraktor minyak dan gas bumi (migas) yang  belum memenuhi kewajiban keuangannya pada wilayah kerja terminasi. Pemanggilan ini merupakan tindak lanjut dari temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai adanya sejumlah potensi kerugian negara di sektor energi.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengaku sudah menindaklanjuti temuan KPK tersebut. Ia mengirimkan surat teguran kepada beberapa kontraktor migas yang menunggak pembayaran komitmen pasti. Namun, langkah ini belum sepenuhnya membuahkan hasil. (Baca: KPK Ungkap Potensi Kerugian Negara Rp 46 Triliun di Sektor Energi)

Jonan menyatakan, memang sudah ada sejumlah kontraktor yang menemuinya. Namun, mereka menyampaikan beberapa keberatan dan perbedaan mengenai besaran kewajiban yang harus dibayarkan. Mereka pun menilai jumlah yang ditagihkan pemerintah lebih besar dari hitungannya. 

Untuk menyelesaikan perbedaan nominal kewajiban yang harus dibayarkan, Jonan akan memanggil para kontraktor sebagai bentuk rekonsiliasi. “Kami akan duduk untuk bicara, ” ujar Jonan kepada Katadata di Jakarta, Jumat (25/11).

Yang jelas, …

Selengkapnya : Menteri ESDM Panggil Kontraktor Migas Penunggak Rp 4,4 Triliun