Menkeu Siap Bawa Sengketa dengan Google ke Pengadilan Pajak

This item was filled under [ Info bisnis ]

Joko Widodo

Pemerintah sedang mengkaji cara untuk memungut pajak dari perusahaan digital (Over The Top/OTT) seperti Google, Facebook, Yahoo, dan Twitter. Rencananya, pemerintah akan mengajak perusahaan-perusahaan tersebut untuk berdiskusi guna mencari solusi terkait masalah perpajakan. Tapi, jika tak ada jalan temu, pemerintah akan membawa sengketa tersebut ke pengadilan pajak.

“Ditjen pajak akan menggunakan pasal yang ada, kami punya wadah untuk mendiskusikan hal itu. Kalau sepakat atau tidak sepakat ada peradilan pajak, ” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (16/9).

Sri Mulyani mengatakan Ditjen Pajak sebetulnya sudah berupaya memungut pajak dari perusahaan OTT tersebut dengan menggunakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, perusahaan-perusahaan tersebut berdalih dan memiliki argumen masing-masing. (Baca juga: Pemerintah Kejar Pajak Google, Facebook, Twitter, dan Yahoo).

Google misalnya, menolak untuk diperiksa Ditjen Pajak. Perusahaan digital asal Amerika Serikat ini tak mau ditetapkan sebagai Badan Usaha Tetap (BUT). Perusahaan ini kemudian mengirim balik surat …

Selengkapnya : Menkeu Siap Bawa Sengketa dengan Google ke Pengadilan Pajak