Menkeu: Pemangkasan Anggaran Membuat Ekonomi Melambat 0,1 Persen

This item was filled under [ Info bisnis ]

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui bahwa kebijakan pemangkasan anggaran akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Hal ini diungkapkannya dalam rapat bersama Komisi XI DPR.

Dia mengatakan pemangkasan anggaran membuat belanja pemerintah berkurang. Rendahnya belanja pemerintah akan berdampak pada perlambatan ekonomi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal II tahun ini, konsumsi pemerintah menyumbang 9, 44 persen terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sri pun sudah memiliki perhitungan kasar, mengenai berapa besar dampak pemangkasan anggaran  terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam perhitungannya pemangkasan anggaran kali ini berdampak cukup signifikan.

(Baca: Defisit Membengkak, Pemerintah Bersiap Tambah Utang)

Spending (belanja pemerintah) berkurang yang menyebabkan (pertumbuhan ekonomi) kontraksi 0, 1 persen, ” kata Sri saat rapat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jakarta, Rabu (31/8).

Dia memperkirakan pemangkasan anggaran sebesar Rp 137, 6 triliun tahun ini, akan membuat pertumbuhan ekonomi melambat 0, 1 persen. Namun ini bukanlah perhitungan final. Saat ini Kementerian Keuangan, melalui Badan Kebijakan Fiskal (BKF) …

Selengkapnya : Menkeu: Pemangkasan Anggaran Membuat Ekonomi Melambat 0,1 Persen