Mendagri Minta PLN Dipecah Seperti Pelindo dan Angkasa Pura

This item was filled under [ Info bisnis ]

PLN KATADATA | Arief Kamaludin

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dibagi menjadi beberapa wilayah pelayanan. Alasannya, selama ini PLN masih kurang dalam hal pelayanan dan pasokan listrik ke daerah.

Usulan ini disampaikan Tjahjo setelah beberapa kali mendapat masukan dari beberapa kepala daerah yang hingga saat ini masih kekurangan pasokan listrik. Diantaranya Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Sulawesi Utara, dan Gubernur Gorontalo.

Atas dasar ini Tjahjo meminta PLN dipecah layaknya Pelindo atau Angkasa Pura agar dapat melayani secara maksimal. “Kalau perlu dia (PLN) dipecah saja biar tidak ruwet, ” ujarnya saat ditemui di hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/4). (Baca: Pemerintah Akan Bentuk PLN Energi Baru Terbarukan)

Mengenai usulan tersebut, Tjahjo mengaku telah berbicara dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Namun, dia masih enggan menjawab apa respons PLN mengenai hal ini. Dia hanya mengatakan bahwa Dirut PLN yang mantan bankir ini pusing dan kesulitan mengurus permasalahan listrik ini.

Menurut Tjahjo, target untuk membangun pembangkit 35 GW …

Selengkapnya : Mendagri Minta PLN Dipecah Seperti Pelindo dan Angkasa Pura