Masih Terkendala Lahan, Tol Cisumdawu Ditargetkan Operasi Akhir Tahun

This item was filled under [ Info bisnis ]

PROYEK JALAN TOL CISUMDAWU

Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat selesai dan dioperasikan pada akhir tahun ini. Namun demikian, proses pembangunan beberapa ruas tol tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan lahan tol yang masih terkendala saat ini mencapai 30% dari total keseluruhan proyek.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya mempercepat pengerjaan pembangunan dengan berkoordinasi bersama beberapa kementerian lain seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(Baca: Proyek Tol Cisumdawu Masih Terkendala Pembebasan Lahan)

“Lagi-lagi masalah tanah. Kami sudah sepakat dengan Bapak-bapak Menteri penyelesaiannya semua terpadu, ” kata Luhut usai menjalani pertemuan di kantornya, Jakarta, Senin (6/1).

Menurut dia, konstruksi ruas tol Cisumdawu telah dibangun secara bertahap di beberapa seksi, kendati belum sepenuhnya terhubung. Meski demikian, Luhut menyebut beberapa seksi tol tersebut sudah bisa digunakan karena konstruksinya telah rampung.

Jika tol ini rampung, dapat menghubungkan dan memangkas waktu tempuh  Bandung dengan …

Selengkapnya : Masih Terkendala Lahan, Tol Cisumdawu Ditargetkan Operasi Akhir Tahun