Likuiditas Ketat, Bunga Acuan BI-7 Days Repo Diharapkan Turun

This item was filled under [ Info bisnis ]

Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) akan mulai menggunakan suku bunga acuan baru BI-7 Days Repo Rate dalam Rapat Dewan Gubernur yang hasilnya diumumkan Jumat (19/8) siang ini. Tingkat bunga acuan baru itu diharapkan turun dari level saat ini sebesar 5, 25 persen karena likuiditas perbankan mengetat.

Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih mengatakan, BI akan melihat kondisi perbankan saat ini, khususnya mengenai likuiditas, untuk menentukan besaran BI-7 Days Repo. Persoalannya, perbankan tengah membutuhkan likuiditas, yang terlihat dari kenaikan bunga Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) tenor seminggu.

Hal itu menunjukkan bunga di Pasar Uang Antar Bank (PUAB) meningkat sehingga likuiditas perbankan cenderung mengetat. Lana menduga kondisi tersebut akibat adanya perpindahan dana dari deposito bank ke rekening pemerintah untuk membayar uang tebusan amnesti pajak. (Baca: BI: Tiga Indikator Penurunan BI Rate Efektif Tekan Bunga Bank)

Karena itulah, menurut Lana, semestinya BI menurunkan BI-7 Days Repo untuk menambah likuiditas di perbankan. Jika itu tidak dilakukan, bank akan semakin …

Selengkapnya : Likuiditas Ketat, Bunga Acuan BI-7 Days Repo Diharapkan Turun