Lestarikan Ikan, Seluruh Rumpon Bakal Dimusnahkan

This item was filled under [ Info bisnis ]

Tuna

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana memusnahkan seluruh rumpon alias rumah ikan buatan yang tersebar di perairan Indonesia. Pasalnya, penangkapan ikan menggunakan rumpon menyebabkan ikan-ikan yang belum dewasa (juvenile) ikut tertangkap. Bila penggunaan rumpon dibiarkan, ikan di perairan Indonesia bisa terkuras habis.

“Kami akan mencabut rumpon skala besar dan kita musnahkan. Selain illegal, tak realistis untuk tata kelola perikanan keberlanjutan, ” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Zulficar Mochtar dalam Katadata Forum di Intercontinental Midplaza, Jumat (17/2).

Rumpon atau rumah ikan atau fish aggregating devices (FADs) adalah benda terapung yang menetap ataupun bergerak bebas (hanyut), mengambang ataupun berada di dasar laut, yang sengaja ditempatkan untuk menarik perhatian dan mengumpulkan kawanan ikan.

Menurut Zulficar, rumpon memperbesar kemungkinan kapal menangkap tangkapan sampingan (by-catch) atau tangkapan yang tidak diinginkan (unwanted-catch). Ikan yang ditangkap bukan hanya kelompok tuna,  cakalang dan tongkol, tetapi juga hiu, penyu dan lumba-lumba. (Baca juga: Menteri …

Selengkapnya : Lestarikan Ikan, Seluruh Rumpon Bakal Dimusnahkan