Layani Keuangan Digital, BPD Siap Salurkan Bansos Nontunai

This item was filled under [ Info bisnis ]

Keuangan Digital

Bank Indonesia (BI) memberikan kesempatan kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau bank daerah menjalankan layanan keuangan digital (LKD). Peluang tersebut langsung disambut para pengelola bank daerah dengan menyatakan kesiapannya menyalurkan program pemerintah berupa bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. 

Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Kresno Sediarsi menegaskan bank-bank pembangunan daerah siap ikut serta dalam penyaluran bansos secara nontunai. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah mengubah skema penyaluran bansos dari tunai menjadi nontunai mulai Januari tahun depan.  

“Untuk menyalurkan bantuan sosial nontunai sebenarnya seluruh BPD siap menyalurkan, apalagi dalam pengertian bahwa semua BPD telah memiliki fitur kartu ATM atau debit yang terkoneksi dengan jaringan switching nasional, ” katanya kepada Katadata, Selasa (13/9). 

Menurut Kresno, BPD tak sekadar memiliki teknologi untuk memproses penyaluran bansos secara nontunai, tapi juga memiliki jaringan yang mampu menjangkau masyarakat di pelosok. Ia mengklaim, jaringan kantor BPD telah ada di seluruh kecamatan dan sebagian besar kelurahan di Indonesia, …

Selengkapnya : Layani Keuangan Digital, BPD Siap Salurkan Bansos Nontunai