Kurang Peminat, Tax Amnesty Dianggap Belum Sokong Ekonomi

This item was filled under [ Info bisnis ]

Tax Amnesty

Program pengampunan pajak (tax amnesty) yang berjalan sejak Juli tahun lalu dinilai belum berkontribusi terhadap perekonomian nasional seperti harapan pemerintah. Sebab, masih banyak pengusaha yang belum mengikuti program tersebut. Selain itu, dana yang dipulangkan wajib pajak dari luar negeri (repatriasi) juga banyak yang belum diinvestasikan.

Wakil Ketua Industri Keuangan Non-Bank Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Siddhi Widyaprathama mengatakan, banyak pengusaha belum memanfaatkan program amnesti pajak lantaran merasa kesulitan dalam menjalankan prosesnya. Selain itu, kalangan pengusaha juga masih menyimpan keraguan terhadap pemerintah.

(Baca juga: Data Bank Siap Dibuka, Jokowi Beri Peringatan Terakhir Tax Amnesty)

Di sisi lain, pengusaha yang mengikuti program itu, bahkan merepatriasi dananya dari luar negeri, namun belum menginvestasikan dana tersebut di sektor produktif. “Ada satu dan dua hal (yang jadi penyebabnya), seperti gonjang-ganjing masalah politik ini mempengaruhi juga. Ada yang mau repatriasi tetapi ragu dengan kondisi investasi di Indonesia. Jadi, …

Selengkapnya : Kurang Peminat, Tax Amnesty Dianggap Belum Sokong Ekonomi