Kumpulkan Penegak Hukum, Istana Bahas Panama Papers

This item was filled under [ Info bisnis ]

KSP

Terungkapnya dokumen Panama Papers yang disebut melibatkan banyak pengusaha Indonesia menjadi perhatian khusus pemerintah. Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) keliling Eropa tidak membuat pemerintah menunda pembahasan mengenai daftar pengusaha Indonesia di Panama Papers.

Siang tadi Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki memimpin rapat untuk membahas skandal Panama Papers di kantornya di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta. Rapat antara lain dihadiri oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf, serta perwakilan Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI).

Pemerintah berharap uang WNI yang beredar di luar negeri ditarik kembali ke Indonesia (repatriasi). “Dengan uang hasil repatriasi, pemerintah dapat memanfaatkannya untuk mempercepat pembangunan terutama infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat, ” seperti dikutip dalam situs resmi KSP, Selasa (19/4). (Baca: Pemerintah Tawari Nama di Panama Papers Ikut Repatriasi)

Sebelumnya, organisasi wartawan investigasi global (ICIJ) merilis dokumen bertajuk Panama Papers …

Selengkapnya : Kumpulkan Penegak Hukum, Istana Bahas Panama Papers