Kredit Sulit, OJK Usul Pengusaha Ikan Rilis Obligasi atau IPO

This item was filled under [ Info bisnis ]

Nelayan ikan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengusulkan agar pelaku usaha perikanan dan kelautan lebih gencar memberikan pemahaman kepada pegawai bank untuk menyalurkan kredit. Selain itu, pelaku usaha dapat mencari alternatif pendanaan selain dari bank, yaitu dari pasar modal dan lembaga keuangan nonbank.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan, selama ini, pegawai bank khususnya para analis kredit  belum banyak memahami potensi di industri perikanan dan kelautan. Alhasil, minat bank untuk membiayai sektor tersebut minim. Jadi, pelaku usaha perlu memberikan pemahaman kepada para analis tersebut.

Sejauh ini, Muliaman menjelaskan, pihaknya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sudah membuat program sosialisasi kepada perbankan. “Kami buat program perkenalan. Apa itu program kemaritiman, prospeknya seperti apa, ” ujar dia dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kadin di Jakarta, Senin (7/11).

Namun, menurut dia, Kadin masih perlu mencocokkan data soal potensi sektor perikanan dan kelautan. Tujuannya, agar pelaku perbankan memperoleh gambaran yang akurat soal potensi di …

Selengkapnya : Kredit Sulit, OJK Usul Pengusaha Ikan Rilis Obligasi atau IPO