Kontraktor Migas Minta Pemerintah Kontrol Harga Kapal FPSO Lokal

This item was filled under [ Info bisnis ]

Migas

Kontraktor minyak dan gas bumi (migas) meminta pemerintah menjaga harga dan kualitas fasilitas produksi dan penyimpanan terapung atau Floating Production Storage and Offloading (FPSO) lokal. Ini terkait adanya kewajiban kontraktor harus menggunakan FPSO buatan dalam negeri.

FPSO merupakan fasiltas terapung untuk mengolah atau memisahkan minyak mentah, gas dan air dari sumur produksi. “Jangan lupa, FPSO itu milik negara menurut kesepakatan kontrak bagi hasil (PSC). Apabila kualitas di bawah standar, negara juga akhirnya yang dirugikan, ” kata Presiden Direktur PT Energi Pasir Hitam Indonesia (Ephindo) Sammy Hamzah kepada Katadata, Jumat (3/6). (Baca: Kontraktor Migas Khawatir Kewajiban FPSO Lokal Memicu Monopoli)

Sammy mengaku akan tetap mendukung kebijakan pemerintah mewajibkan kontraktor menggunakan FPSO local. Hanya saja, dia mengungkapkan ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Jika pemerintah mewajibkan kontraktor untuk membuat kapal FPSO di dalam negeri, maka kualitas dan kompetensi harus bisa memenuhi standar industri.

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh industri dalam negeri juga harus …

Selengkapnya : Kontraktor Migas Minta Pemerintah Kontrol Harga Kapal FPSO Lokal