Ketua BPK Dituntut Klarifikasi Tertulis Panama Papers ke Jokowi

This item was filled under [ Info bisnis ]

Aktivis Korupsi

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis diminta segera memberikan klarifikasi secara tertulis kepada Presiden Joko Widodo dan masyarakat luas perihal keberadaan nama dan asetnya dalam dokumen Panama Papers. Jika itu tidak bisa dilakukannya, Harry harus mengundurkan diri sebagai Ketua BPK untuk menjaga marwah lembaga atau badan tinggi negara tersebut.

Tuntutan itu disuarakan oleh para aktivis dan organisasi pegiat antikorupsi, antara lain Indonesia Corruption Watch (ICW), Kemitraan-Partnership, Jari Ungu, Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Indonesia Budget Center, Rumah Kebangsaan, dan Transparency International Indonesia. Mereka menilai Harry telah memberikan penjelasan lisan dalam berbagai kesempatan wawancara dengan media massa untuk menjelaskan pendirian perusahaannya yang terekam dalam dokumen Panama Papers. Termasuk, status dan kepemilikan perusahaan di negara suaka pajak (tax havens) tersebut saat ini.

Meski begitu, informasi yang diberikan Harry itu dinilai tidak lengkap, tanpa didukung bukti, dan bahkan saling berkontradiksi. Alhasil, kondisi …

Selengkapnya : Ketua BPK Dituntut Klarifikasi Tertulis Panama Papers ke Jokowi