Keterbukaan Data Bank Bisa Dongkrak Perolehan Tax Amnesty

This item was filled under [ Info bisnis ]

Tax Amnesty

Rencana pemerintah membuka data nasabah bank untuk Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) berpotensi mendongkrak keikutsertaan masyarakat di program amnesti pajak (tax amnesty). Alasannya, masih banyak masyarakat yang menyimpan uang di bank namun belum membayar tunggakan pajaknya.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengatakan, rencana keterbukaan data nasabah tersebut semestinya bisa dimanfaatkan Ditjen Pajak untuk mendorong masyarakat mengikuti program amnesti pajak yang bakal berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang. “Kan ini masih ada waktu, sebaiknya digencarkan (untuk ikut amnesti pajak) itu, ” kata dia kepada Katadata, Senin (27/2). (Baca juga: Cuma 900 Ribu Wajib Pajak Taat, Kemenkeu Gandeng Pemuka Agama)

Apalagi, nasabah juga bakal kesulitan melarikan dananya guna menghindari peraturan tersebut. Sebab, keterbukaan informasi ini juga berlaku di banyak negara yang tergabung dalam organisasi untuk kerja sama dan pembangunan ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD).

Maka itu, David menilai …

Selengkapnya : Keterbukaan Data Bank Bisa Dongkrak Perolehan Tax Amnesty