Kendalikan Sampah, Sri Mulyani Harap Cukai Plastik Segera Berlaku

This item was filled under [ Info bisnis ]

Raker Asumsi Dasar RAPBN 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Komisi XI DPR RI mengagendakan pembahasan lebih lanjut mengenai cukai plastik. Permintaan ini seiring dengan pengenaan barang kena cukai memerlukan diskusi dengan lembaga legislatif.

Adapun target pungutan cukai sudah masuk dalam target APBN 2019 sebesar Rp 500 miliar. Namun, untuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK), Sri Mulyani menilai belum bisa ditetapkan karena diperlukan konsultasi dengan anggota dewan. “Mohon agar Komisi XI menjadwalkan konsultasi mengenai cukai plastik, ” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6).

Berdasarkan hasil penelitian Jenna Jambeck, Indonesia menjadi negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok. Selain itu, sebuah studi Universitas of Newscastle di Australia yang bekerjasama dengan World Wide Fund for Nature (WWF) menemukan setiap pekan manusia mengkonsumsi 2.000 partikel plastik mikro per pekan, atau sekitar 250 gram per tahun.

Kebijakan pengenaan cukai, menurut dia, menjadi cara paling efektif dalam mengendalikan konsumsi plastik. “Kita sudah tahu plastik banyak sekali dampaknya. Kami …

Selengkapnya : Kendalikan Sampah, Sri Mulyani Harap Cukai Plastik Segera Berlaku