Kementerian ESDM Siap Pangkas Anggaran 15 Persen Tahun Ini

This item was filled under [ Info bisnis ]

Kementerian ESDM

Pemerintah berencana memangkas anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku terkena program efisiensi ini.

“Secara umum APBN-P akan berkurang, kami juga terkena, ” kata Menteri ESDM Sudirman Said, ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu.

Sudirman mengaku belum bisa memastikan berapa besar anggarannya yang dipangkas tahun ini. Namun, dia mengatakan Kementerian ESDM masih bisa melakukan efisiensi dari anggaran yang didapat saat ini sebesar 15 persen. (Baca: JK Minta Kementerian dan Lembaga Pangkas Belanja Operasional)

Dalam APBN 2016, Kementerian tercatat mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 8, 56 triliun. Dengan efisiensi sebesar 15 persen, artinya kementerian hanya bisa memangkas anggarannya sekitar Rp 1, 28 triliun.

Meski akan terkena pemangkasan, Sudirman mengaku akan mendapat tambahan anggaran dalam APBN Perubahan tahun ini. Tambahan anggaran ini berasal dari Dana Ketahanan Energi dan dana pembangunan cadangan …

Selengkapnya : Kementerian ESDM Siap Pangkas Anggaran 15 Persen Tahun Ini