Kementerian ESDM Minta ConocoPhillips Tak Setop Kilang Belanak

This item was filled under [ Info bisnis ]

Stand pameran ConocoPhillips

Rencana ConocoPhillips untuk menghentikan produksi elpiji di Kilang Belanak tampaknya mendapat penolakan dari pemerintah. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta perusahaan tersebut membatalkan rencana penutupan produksi kilang ini.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja memahami alasan perusahaan asal Amerika Serikat itu untuk menutup kilang belanak karena sudah tidak ekonomis. Namun, pemerintah khawatir jika kilang tersebut tidak lagi berproduksi, maka impor elpiji akan melonjak.

“Jadi kalau bisa tidak perlu ditutup, biar tidak menambah impor elpiji, ” kata dia saat berdiskusi dengan wartawan di Gedung Migas, Jakarta, Jumat (8/4). (Baca: ConocoPhillips Setop Produksi, Pertamina Tambah Impor Elpiji)

PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi elpiji tahun lalu mencapai 7 juta ton. Jawa Barat menjadi provinsi yang menyerap paling besar. Tahun ini konsumsi elpiji diperkirakan meningkat hingga 7, 8 juta ton, dengan rincian 6, 6 juta ton elpiji bersubsidi dan 1, 2 juta ton nonsubsidi. Dengan …

Selengkapnya : Kementerian ESDM Minta ConocoPhillips Tak Setop Kilang Belanak