Kemenko Maritim Minta Pertamina dan ESDM Kaji Insentif East Natuna

This item was filled under [ Info bisnis ]

Migas

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Pertamina (Persero) berunding bersama untuk menentukan insentif pengembangan Blok East Natuna. Tujuannya agar Pertamina bisa segera memproduksi blok minyak dan gas bumi di kawasan perbatasan negara tersebut. 

Tenaga Ahli Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Bidang Minyak dan Gas Bumi Haposan Napitupulu mengatakan, Pertamina pernah mengusulkan kajian fiskal mengenai Blok East Natuna kepada Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan. Namun, usulan itu tidak ditindaklanjuti karena harga minyak sempat jatuh.

“Jadi di sini pemerintah dan Pertamina bisa duduk bersama membahas insentif agar blok ini bisa dianggap ekonomis, ” kata Haposan dalam acara diskusi rencana pengembangan kawasan Natuna di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (18/7).

Menurut Haposan, insentif dibutuhkan karena eksplorasi cadangan Blok East Natuna perlu investasi besar. Pertimbangannya,  sebagian besar kandungan produksi blok ini terdiri dari karbondioksida sehingga perlu investasi cukup besar untuk memisah gas tersebut.

(Baca: Menteri ESDM Tak Beri Insentif Khusus Blok Migas di Natuna)

Ia menghitung, …

Selengkapnya : Kemenko Maritim Minta Pertamina dan ESDM Kaji Insentif East Natuna