Kemenko Maritim Anggap ESDM Ingin Bermain Sendiri di Blok Masela

This item was filled under [ Info bisnis ]

Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi

Polemik perebutan lahan pengembangan proyek kilang darat gas dari Blok Masela antar dua Kabupaten di Maluku berlanjut di tingkat yang lebih tinggi. Dua kementerian ikut berselisih paham mengenai penyelesaian perebutan lahan lokasi proyek ini.

Pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang ingin menjadi fasilitator untuk menyelesaikan permasalahan ini mendapat kritikan dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman. Tenaga Ahli Bidang Energi Kemenko Kemaritiman Haposan Napitupulu mengatakan Kementerian ESDM terkesan ingin menyelesaikan permasalahan ini sendirian, tanpa melibatkan kementerian dan lembaga (K/L) lain.

Padahal, untuk merumuskan konsep pengembangan Blok Masela dan perekonomian wilayah sekitarnya, perlu pendiskusian dan kajian yang melibatkan banyak K/L. Selain itu harus juga melibatkan masyarakat setempat dan investor pengembangnya. Ini penting, agar keputusan yang dibuat bisa tepat dan tidak ditunggangi kepentingan segelintir orang. (Baca: Seteru di Balik Kisruh Pengembangan Blok Masela)

“Seharusnya Menteri ESDM, Dirjen Migas, dan Inpex berkoordinasi dengan K/L lain dalam menyusun Plan of Development (rencana pengembangan …

Selengkapnya : Kemenko Maritim Anggap ESDM Ingin Bermain Sendiri di Blok Masela