Jokowi: Anggaran Pembangunan Papua Tahun Ini Rp 87,5 Triliun

This item was filled under [ Info bisnis ]

Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah menganggarkan dana cukup besar untuk pembangunan Papua. Tahun ini anggaran yang digelontorkan untuk wilayah paling timur Indonesia ini mencapai Rp 85, 7 triliun.

Total anggaran ini cukup besar, hampir sepertiga dari belanja infrastruktur tahun ini yang mencapai Rp 317, 1 triliun. Namun, Jokowi merasa belanja pembangunan tersebut belum efektif. Pembangunan yang dilakukan belum merata dan menjangkau semua daerah.

(Baca: Pemerintah Siapkan Jembatan Udara untuk Papua)

“Permasalahan bukan semata-mata pada besaran dana. Tapi pada proses perencanaan yang melibatkan berbagai sektor dan daerah belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik, ” ujarnya dalam rapat terbatas mengenai pembangunan di Papua di Kantor Presiden, Selasa (8/11)

Berdasarkan informasi yang diterima Presiden, sebanyak 46 persen program kementerian dan lembaga yang ada, cenderung berpusat pada lokasi yang mudah dijangkau dan mudah diimplementasikan. Padahal, Papua memiliki wilayah yang besar dan sangat sulit dijangkau. Jokowi merasa hal ini tidak benar dan …

Selengkapnya : Jokowi: Anggaran Pembangunan Papua Tahun Ini Rp 87,5 Triliun