Jadi Induk Usaha BUMN, Investasi Pertamina Bakal Meningkat

This item was filled under [ Info bisnis ]

Direktur Utama Pertamina, Dwi Sucipto

Rencana pemerintah menjadikan PT Pertamina (Persero) sebagai induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi diharapkan akan membawa banyak manfaat. Jika rencana tersebut berjalan mulus, kemampuan Pertamina untuk berinvestasi bakal semakin meningkat.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, jika menjadi induk usaha BUMN energi maka aset Pertamina akan meningkat. Sebab,  Pertamina juga akan memiliki aset-aset anak usaha yang berhimpun di bawahnya, antara lain PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Dengan aset yang kian besar tersebut akan memudahkan Pertamina mencari pendanaan untuk berinvestasi. “Investasi bisa lebih banyak dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi, ” kata dia di Jakarta, Selasa (19/4).

(Baca: Investasi Pertamina Tahun Depan Naik 20, 7 Persen)

Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun ini, Pertamina menganggarkan dana sebesar US$ 5, 31 miliar atau sekitar Rp 70, 1 triliun untuk investasi. Jumlahnya meningkat 20, 7 persen dibandingkan tahun lalu. Selain itu, Pertamina mematok aset konsolidasi sebesar US$ 50, …

Selengkapnya : Jadi Induk Usaha BUMN, Investasi Pertamina Bakal Meningkat