Investasi Meningkat, Ekonom Ramal Semester I Bisnis Bergairah

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pertumbuhan gedung

Para ekonom meramalkan kegiatan bisnis bakal bergairah pada paruh pertama tahun ini. Ramalan itu seiring dengan menanjaknya realisasi investasi pada kuartal IV tahun lalu.

Mengacu pada survei Bank Indonesia (BI) tentang kegiatan dunia usaha, realisasi investasi memang terindikasi mengalami peningkatan. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) realisasi investasi yang naik tiga persen menjadi 10, 88 persen pada kuartal IV-2016. 

Peningkatan realisasi investasi paling besar terjadi pada industri pengolahan dengan nilai SBT 2, 44 persen. Selain itu, peningkatan juga terjadi di industri keuangan, real estat dan jasa perusahaan dengan SBT 2, 24 persen. (Baca juga: Pasokan Melimpah, Bisnis Properti Tahun Ini Masih Lesu)

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengatakan, bila mengacu pada hasil survei tersebut, kemungkinan kegiatan dunia usaha akan membaik pada bulan-bulan mendatang. “Biasanya tiga sampai enam bulan setelah kenaikan realisasi investasi, baru kegiatan usaha naik, ” katanya kepada Katadata, Kamis (12/1).

Dugaan David, …

Selengkapnya : Investasi Meningkat, Ekonom Ramal Semester I Bisnis Bergairah