iNSPIRASi

This item was filled under [ Mana Suka ]

Akhir pekan merupakan waktu yang sakral. Waktu yang digunakan untuk menghabiskan waktu  bersama keluarga, teman – teman, juga sebagai imbalan untuk diri sendiri yang telah melewati waktu sibuk pada hari sebelumnya. Namun ternyata akhir pekan tidak hanya dapat digunakan untuk kegiatan itu saja. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk belajar keterampilan baru, menghabiskan waktu dengan hobi (atau memulai hobi lainnya), atau mengerjakan proyek – proyek kreatif pribadi.

Jangan Biarkan Akhir Pekan Melewati Anda

Semua orang sangat memahami apabila akhir pekan dihabiskan dengan menonton seri terbaru dari Game of Thrones, atau menghabiskan waktu bermain dengan si kecil, namun akhir pekan juga merupakan  agenda penting mendedikasikan waktu untuk proyek – proyek pribadi. Waktu akan terus berjalan dan Anda tidak akan tetap muda selamanya, suatu hari Anda akan tua dan menjadi lemah, hingga Anda mungkin hanya menyesal membiarkan akhir pekan Anda berlalu begitu saja.

Bagaimana Anda memastikan akhir pekan Anda akan seproduktif hari kerja sibuk Anda? Hal itu mudah. Anda hanya butuh berencana. Merencanakan akhir pekan sebelumnya, akan membuat Anda berpikiran jauh kedepan setelah melalui minggu sibuk dan penuh tekanan.

Berikut adalah 7 cara mengisi dan mendapatkan inspirasi selama akhir pekan Anda:

1.       Eksplor Sisi Kreatif Anda

Kreativitas adalah subjektif. Seni tidak terbatas pada gaya tertentu; seni merupakan ekspresi dari masing – masing individu. Ini merupakan kesempatan untuk mengeluarkan sisi lain yang ada pada diri Anda. Keluarkan, dan mungkin Anda akan terkejut.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat melibatkan seluruh anggota keluarga dan bahkan kegiatan ini bisa juga mengembangkan kreativitas anak Anda dengan baik.

2.       Belajar Bahasa baru secara cuma cuma

Pernah memiliki keinginan belajar bahasa Spanyol atau Perancis, atau bahasa asing lainnya? Nah, sekarang Anda dapat melakukannya secara GRATIS, pada sebuah aplikasi yakni Duolingo. Duolingo adalah platform belajar bahasa online terbesar di dunia. Pemenang dari Apple iPhone App of the Year 2013 dan Google Play Best of the Best 2013 dan 2014.  Saat ini ada 150 juta orang belajar bahasa di Duolingo. Cobalah. Anda akan takjub melihat betapa menyenangkannya belajar Bahasa !

3.       Mulailah Proyek Perbaikan Rumah Anda

Apakah rumah Anda butuh penyegaran? Merubah sesuatu dapat berefek luar biasa terhadap perspektif seseorang. Mengganti warna cat dan mengatur ulang letak furniture dapat membuat rumah Anda berbeda, dan tentunya menjadikan rumah terasa lebih segar. Melihat suasana baru yang damai dan segar saat bersantai sehabis bekerja sangat penting untuk mengisi ulang semangat.

4.       Benamkan diri Anda dalam tulisan – tulisan 

Mungkin ada buku yang sudah lama ingin Anda baca, namun belum ada waktu. Jadwalkan waktu akhir pekan Anda untuk membenamkan diri ke Novel favorit Anda. Banyak manfaat dari membaca, antara lain sebagai stimulasi mental untuk meningkatkan fokus dan ketenangan. Jadi, pastikan waktu Anda dihabiskan untuk membaca buku yang bagus  akhir pekan depan!

5.       Jelajahi tempat wisata terpencil

Mengapa tidak mencoba pengalaman baru berwisata ke tempat yang belum terlalu terkenal (namun sangat indah) di Indonesia? Berikut adalah 10 (sepuluh) daftar penting tujuan wisata yang dapat Anda dan keluarga jelajahi.

Terhubung dengan alam, dan yang paling penting, melakukannya dalam damai, jauh dari keramaian. Menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan jauh dari gangguan teknologi. Untuk anak – anak, ini adalah cara yang bagus belajar mengenal tentang keindahan alam sesungguhnya.

6.       Lakukan suatu hal yang berbeda

Kapan terakhir kali Anda melakukan sesuatu untuk pertama kalinya?

Pengalaman akan memperkaya hidup kita jauh lebih banyak daripada harta benda. Apakah Anda pernah mencoba makan dalam gelap? Pengalaman bersantap tidak biasa ini cukup menjadi fenomena global, dan bahkan telah tersebar hingga Asia.

Jika Anda tinggal di Kuala Lumpur, Anda harus mencoba The World’s First Helipad Cinema. Menonton film klasik dibawah bintang – bintang – bukankah itu hal yang sangat fantastik? Jika Anda tipe petualang, Anda patut mencoba tandem skydiving atau hang gliding. Tidak ada perasaan yang dapat disamakan dengan pengalaman terbang di udara. Banyak pengalaman yang tidak biasa menunggu Anda diluar sana. Manjakan diri Anda untuk pengalaman yang berbeda tersebut. Anda tidak akan menyesal.

7.       Bergabung dengan proyek komunitas

Berkontribusi kepada komunitas adalah cara yang bagus untuk mendapatkan inspirasi. Anda akan menghabiskan akhir pekan Anda untuk acara yang bermanfaat bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar. Mulai dengan program penanaman pohon hingga membangun rumah warga desa atau Anda bisa berkontribusi menjadi relawan di rumah pensiunan/lansia atau pusat penyelamatan hewan peliharaan. Bawa serta anak – anak Anda untuk belajar bagaimana bekerjanya “memberi”. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai.

Berapa banyak rencana yang Anda pikirkan untuk mengahabiskan waktu akhir pekan Anda? Apakah Anda ingin melakukan aktivitas lebih banyak lagi? Coba saran diatas, dan bagikan pengalaman menakjubkan Anda.

Leave a Comment