Industri Kecil Ini Lebih Stabil dari Perusahaan Besar

This item was filled under [ Info bisnis ]

DBS Bukalapak

Industri manufaktur mikro dan kecil mampu tumbuh lebih stabil dari perusahaan atau industri skala besar dan sedang. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), hal ini karena permintaan dari pasar dalam negeri membaik dibanding pergerakan global. 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik Sasmito Hadi Wibowo mengatakan terkendalinya harga barang dan jasa di dalam negeri membuat keyakinan konsumen meningkat. Sedangkan pangsa pasar manufaktur besar dan sedang, yang mayoritas untuk tingkat internasional, butuh waktu lebih lama melakukan penyesuaian.

Industri manufaktur besar diprediksi tengah mencari peluang untuk meningkatkan produksinya. Misalnya, industri kendaraan bermotor yang kinerjanya terburuk pada tahun lalu, menunggu pembangunan jalan tol atau jalan baru untuk mendongkrak permintaan. (Baca juga: Syarat Modal UMKM Diperlonggar, Peringkat Kemudahaan Usaha Naik).

“Saat ini terjadi rebound, di mana domestic demand naik karena harga-harga terkendali. Industri mikro kecil mampu dengan cepat beradaptasi. Sedangkan industri besar dan sedang yang ekspose pasarnya global, butuh waktu lebih lama untuk melakukan adjustment, ” …

Selengkapnya : Industri Kecil Ini Lebih Stabil dari Perusahaan Besar