Inalum Minta Insentif Fiskal untuk Memacu Investasi Hilir Minerba

This item was filled under [ Info bisnis ]

Investigasi Batubara

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menyampaikan saran kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI agar ada kebijakan insentif fiskal. Tujuannya, untuk mendorong investasi di sektor mineral dan batu bara (minerba).

Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan, insentif ini tentunya akan mendorong para pelaku usaha melakukan hilirisasi atau nilai tambah dari komoditas minerba. Menurut dia, apabila diberikan, maka pemerintah akan mendapatkan pajak lebih besar untuk produk hilirnya.

Toh pemerintah bisa dapat pajak berupa PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan Pajak Penghasilan (PPh) yang jauh lebih besar di produk hilirnya, ” kata dia, saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (8/7).

Budi juga menjelaskan, Indonesia saat ini kesulitan berkompetisi dengan negara lain terkait pengembangan teknologi di sektor minerba. Pasalnya, di negara lain pemerintahnya memberikan subsidi untuk pengembangan teknologi. “Teknologi ini sangat susah, karena negara lain disubsidi. Mereka jauh lebih …

Selengkapnya : Inalum Minta Insentif Fiskal untuk Memacu Investasi Hilir Minerba