ICW Minta PLN Libatkan KPK dalam Proses Lelang Proyek Listrik

This item was filled under [ Info bisnis ]

PLTU Suralaya

Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses lelang proyek pembangkit listrik program 35 ribu mega watt (MW). Alasannya, lelang proyek listrik diikuti banyak perusahaan yang terafiliasi dengan para pejabat. Salah satunya adalah tender proyek listrik Jawa 1 yang diikuti oleh PT Rukun Raharja Tbk, perusahaan milik suami Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Koordinator ICW Ade Irawan mengatakan, saat ini belum ada aturan khusus yang melarang perusahaan yang terafliliasi dengan pejabat publik maupun kerabat dekatnya mengikuti proses lelang, khususnya proyek listrik. Karena itu, ICW meminta PLN melibatkan KPK dalam proses lelang sehingga prosesnya berjalan semestinya.

“PLN bisa menggunakan pengawas eksternal. Apa susahnya minta bantuan KPK, for free, ” ujar Ade kepada Katadata, Jumat (16/9). Dengan begitu, tidak akan menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Kalaupun perusahaan itu menang, maka memang berdasarkan kompetensinya. “Dia yang paling layak, dan perusahaan dia yang paling memberikan keuntungan untuk PLN.

(Baca: …

Selengkapnya : ICW Minta PLN Libatkan KPK dalam Proses Lelang Proyek Listrik