Harga Tidak Naik, Kementerian ESDM Minta Tambahan Subsidi Solar

This item was filled under [ Info bisnis ]

solar

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM tengah membahas opsi penambahan subsidi Bahan Bakar Minyak/BBM jenis Solar. Penyebabnya adalah tidak adanya kenaikan harga Solar dan Premium hingga 2019. Padahal, harga minyak dunia terus meningkat.

Jadi penambahan subsidi ini untuk menutup selisih harga keekonomian dengan harga yang dijual ke masyarakat. Sehingga tidak membebani masyarakat.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi/Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan penambahan subsidi itu masih dibahas dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat/DPR. Adapun Kementerian ESDM mengusulkan subsidi sekitar Rp 700 hingga Rp 1.000 per liter.

Saat ini, subsidi Solar hanya Rp 500 per liter. “Seperti pak menteri sampaikan. Kami cermati terus pergerakan Mean of Platts Singapore dan harga minyak, ” kata Ego di Jakarta, Senin (5/3).

Namun, subsidi itu hanya diberikan untuk Solar. Sedangkan Premium tetap tidak ada alokasi subsidi. Alasannya, Solar lebih banyak dipakai masyarakat. Tahun ini kuota subsidi solar pada APBN 2018 mencapai 16 juta KL dengan …

Selengkapnya : Harga Tidak Naik, Kementerian ESDM Minta Tambahan Subsidi Solar