Harga Jatuh, Puluhan Perusahaan Minyak Amerika Merugi Rp 885 Triliun

This item was filled under [ Info bisnis ]

Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi

Anjloknya harga minyak mentah dunia mengakibatkan akumulasi kerugian begitu besar terhadap perusahaan minyak dan gas dunia, tak terkecuali bagi korporasi besar di Amerika Serikat. Hasil riset Energi Information Administration (EIA) menyebutkan 40 perusahaan penghasil minyak di Amerika tahun lalu merugi hingga US$ 67 miliar atau sekitar Rp 884, 8 triliun. Penelitian ini mengecualikan ExxonMobil dan Chevron yang tetap membukukan keuntungan tahun lalu meski menurun.

Menurut mereka, kondisi perusahaan minyak Amerika yang berdarah-darah ini masih akan berlangsung dan sudah terlihat pada awal 2016. Kerugian setiap perusahaan lebih dari US$ 1 miliar. Hal ini dialami EOG Resources, Devon Energy, dan Linn Energy. Perusahaan pengeboran minyak serpih (shale oil), SandRidge, baru-baru ini menyatakan telah mengajukan status bankrut.

“Sepertinya perusahaan-perusahaan itu, yang memang sangat berpengaruh, bertaruh dengan penuh risiko, ” kata Direktur Riset Komoditas ClipperData, Matt Smith seperti dikutip CNN pada Selasa, 26 April 2016. Selain meminjam uang untuk melakukan eksplorasi penuh risiko, perusahaan-perusahaan itu mengembangkan lapangan minyak yang tidak mendatangkan …

Selengkapnya : Harga Jatuh, Puluhan Perusahaan Minyak Amerika Merugi Rp 885 Triliun