Hanura Dukung Ide Jokowi Buat Film G30S/PKI Versi Milenial

This item was filled under [ Mana Suka ]

Wasekjen Partai Hanura Tri Dianto menilai ide Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membuat ulang film sejarah G30S/PKI merupakan gagasan yang bagus.

“Membuat film sejarah, termasuk G30S PKI, dengan versi penyajian baru, sesuai generasi milenial, adalah hal baik. Pak Wiranto bilangnya itu sebagai kebijakan rasional, saya termasuk yang setuju,” kata Tri Dianto dalam keterangan diterima Liputan6.com, Senin (25/9/2017).

Tri menilai, permainan isu PKI untuk kepentingan Pemilu 2019 justru menambah luka lama.

“Ingin memainkan isu PKI untuk kepentingan politik 2019? Jelas tidak bijak. Itu bukan mengobati, tapi seperti mengoles sambel di atas luka,” ujarnya.

Karenanya, Tri meminta agar para politikus bijak dan tidak mengedepankan nafsu politik semata.

“Jadi mari berkompetisi politik demokratis dan ksatria, berpikir keutuhan bangsa dalam bingkai NKRI dan Pancasila bukan dengan politisasi isu PKI untuk nafsu politik,” tandas Tri.

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal wacana pemutaran Film G30S jelang akhir September. Menurut Jokowi, film sejarah semacam ini penting, terlebih bila dibuat sesuai milenial seperti sekarang ini.

“Ya menonton film apalagi mengenai sejarah itu penting,” kata Jokowi di Jembatan Gantung Mangunsuko, Magelang, Jawa Tengah, Senin 18 September 2017.

“Tapi untuk anak-anak milenial yang sekarang, tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang bisa masuk ke mereka. Biar mereka paham bahaya komunisme, biar tahu juga mengenai PKI,” Presiden melanjutkan.

Jokowi ingin, ke depan banyak film sejarah yang dibuat oleh para sineas Indonesia. Film ini tentu harus dikemas secara kekinian, agar pas dan mudah dicerna masyarakat generasi saat ini.

“Lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” Jokowi menambahkan.

Saksikan video di bawah ini: