Evaluasi 12 Paket Ekonomi, PPh Industri Padat Karya Akan Dipotong

This item was filled under [ Info bisnis ]

Investasi Padat Karya Untuk Penyerapan Tenaga Kerja Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terus mengevaluasi perkembangan realisasi 12 paket kebijakan ekonomi yang telah dirilis sejak September tahun lalu. Meski mayoritas peraturan sudah dideregulasi maupun diterbitkan, ada beberapa beleid yang masih belum dirilis. Salah satunya adalah pemberian insentif terhadap karyawan sektor industri padat karya yang merupakan paket kebijakan ketujuh dan telah diumumkan pada Desember 2015.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, adanya banyak perdebatan mengenai pemberian insentif terhadap industri padat karya sehingga mengganjal penerbitan peraturan pemerintah sebagai payung hukumnya. “Itu paket lama tapi perdebatannya berlarut-larut, ” katanya seusai rapat koordinasi mengenai evaluasi paket kebijakan ekonomi di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (3/5).

Setelah melalui perdebatan panjang dalam rapat tersebut, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menjelaskan, pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif berupa diskon Pajak Penghasilan (PPh) bagi karyawan industri padat karya sebesar 2, 5 persen. Insentif ini berlaku sampai Desember 2017, yang akan diberikan langsung kepada para karyawan.

(Baca: Rilis Paket Jilid XII, …

Selengkapnya : Evaluasi 12 Paket Ekonomi, PPh Industri Padat Karya Akan Dipotong