Ekonomi Dunia Tak Menentu, BI Tahan Suku Bunga Acuan

This item was filled under [ Info bisnis ]

Agus Bank Indonesia

Seperti sudah diperkirakan para analis dan ekonom,  Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Repo Rate di level 4, 75 persen. Keputusan ini berdasarkan penilaian menguatnya tekanan pasar dan perekonomian dari luar negeri. Padahal, sebelumnya BI agresif menggunting suku bunga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kondisi eksternal semakin tidak pasti. Apalagi bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve, kemungkinan akan menaikkan suku bunga acuannya (Fed Fund Rate) akhir tahun ini. Langkah ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengangguran di AS yang diperkirakan membaik serta kenaikan inflasi.

Di sisi lain, terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS juga telah menimbulkan gejolak di pasar keuangan dunia. Dolar AS menguat terhadap banyak mata uang dunia, termasuk rupiah. BI mencatat, rupiah melemah 2, 23 persen pada periode 8-16 November lalu. Meski begitu, BI mengklaim pelemahan rupiah tak sebesar mata uang negara lain yang pasarnya tengah berkembang (emerging …

Selengkapnya : Ekonomi Dunia Tak Menentu, BI Tahan Suku Bunga Acuan