Ekonomi Dunia Melambat, BI Turunkan Prediksi Pertumbuhan 2017

This item was filled under [ Info bisnis ]

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo

Bank Indonesia merevisi pertumbuhan ekonomi domestik tahun depan. Bank sentral itu memperkirakan ekonomi hanya tumbuh di kisaran 5, 1 persen hingga 5, 5 persen. Prediksi itu lebih rendah dibanding sebelumnya yang berkisar 5, 2 sampai 5, 6 persen.

Gubernur BI Agus D.W Martowardojo mengatakan penurunan asumsi itu dimotori oleh pertumbuhan ekonomi dunia yang masih melambat. “Konsensus dari ekonom dunia menunjukkan memang pertumbuhan ekonomi menjadi lebih rendah, ” kata Agus saat rapat dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di Gedung DPR, Jakarta, Selasa malam, 30 Agustus 2016. (Baca: Anggaran Dipotong, BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi).

Juli lalu, International Monetary Fund (IMF) merevisi prediksi pertumbuhan ekonomi global tahun depan turun 0, 1 persen ke level 3, 4 persen. Perbaikan tersebut menyusul hasil referendum rakyat Inggris yang memutuskan keluar dari Uni Eropa (Brexit). Keputusan itu dianggap meningkatkan ketidakpastian ekonomi dan politik yang diprediksi berdampak negatif pada …

Selengkapnya : Ekonomi Dunia Melambat, BI Turunkan Prediksi Pertumbuhan 2017