DPR Akan Panggil OJK Bahas Kisruh Penyelamatan Bumiputera

This item was filled under [ Info bisnis ]

Rapat Kerja DPR

Kisruh penyelematan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera mulai menyedot perhatian banyak pihak. Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminta penjelasan detail tentang persoalan keuangan yang membelit asuransi yang memiliki 6, 7 juta pemegang polis serta skema penyelamatannya.

Ketua Komisi Keuangan DPR, Melchias Markus Mekeng menjelaskan, pihaknya ingin mendapatkan penjelasan tentang penyebab munculnya defisit besar antara aset dan utang (kewajiban/liabilitas) di Bumiputera. “Apakah ada uang publik dan pemegang polis yang disalahgunakan. Itu dulu yang perlu kami tahu, kenapa bolongnya besar, ” kata Mekeng di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (15/12).

Sekadar catatan, berdasarkan informasi yang dikumpulkan Katadata, total aset Bumiputera saat ini cuma sekitar Rp 10 triliunan dengan aset likuid tak sampai Rp 4 triliun. Sebaliknya, kewajiban Bumiputera hampir mencapai Rp 30 triliun atau tiga kali lipat lebih besar dari asetnya. Artinya ada selisih sekitar Rp 20 triliunan. (Baca juga: Pertaruhan “Akrobat” Penyelamatan Bumiputera)

Mekeng …

Selengkapnya : DPR Akan Panggil OJK Bahas Kisruh Penyelamatan Bumiputera