Direktorat Pajak Jamin Kerahasiaan Data Tax Amnesty

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pengadilan Pajak

Rancangan Undang-Undang Pengampunan Pajak atau tax amnesty tinggal selangkah lagi disahkan Dewan Perwakilan Rakyat. Dewan mulai membahasnya dalam masa sidang kedua kali ini. Walau sebagian besar pengusaha mendukung rencana tersebut, ada pula yang khawatir atas kepastian hukum penerapan kebijakan ini. Juga, terkait kerahasiaan data yang akan disetor ke pemerintah.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menjamin data yang disampaikan pemohon pengampunan tidak akan digunakan untuk menelusuri pidana lainnya. Nantinya, yang dijadikan sebagai objek pajak dalam hal ini terkait penghasilan yang digunakan untuk konsumsi atau investasi. Termasuk di dalamnya gratifikasi.

Hal itu terkait dengan Undang-Undang Pajak Penghasilan (PPh) pasal 4. Sementara gratifikasi juga masuk kategori Tindak Pidana Pencucian Uang. Namun, terkait tax amnesty, data yang dimiliki Direktorat Jenderal Pajak ini tidak bisa digunakan untuk pidana lainnya. Baik sebagai bukti awal penyelidikan, penyidikan, ataupun penuntutan pidana. (Baca: Bertemu Jokowi, DPR Janjikan RUU Tax Amnesty Rampung Bulan Ini).

Apalagi, akhir …

Selengkapnya : Direktorat Pajak Jamin Kerahasiaan Data Tax Amnesty