Dinilai Rawan, PKS Dorong Uji Materi Tax Amnesty

This item was filled under [ Info bisnis ]

Sidang pengadilan

Anggota Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ecky Awal Muharam mendorong masyarakat melakukan uji materi atas Undang-Undang Pengampunan Pajak ke Mahkamah Konstitusi. Judicial review ini terutama ditujukan atas pasal 20 karena dianggap melindungi sebuah tindak pidana.

Menurutya, pasal tersebut berpotensi disalahgunakan untuk tindak kejahatan korupsi, peredaran narkoba, serta terorisme. Sebab, pasal ini menyebutkan informasi tax amnesty tidak dapat dijadikan dasar penyelidikan tindak pidana oleh penegak hukum.

“Mudah-mudahan Mahkamah Konstitusi bisa mengabulkan seluruhnya atau sebagian gugatan. Paling tidak jangan ada pasal yang melindungi kejahatan seperti pasal 20, ” kata Ecky saat diskusi di Bumbu Desa, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2016. (Baca: Bentuk Tim Pembela, Pemerintah Yakin Menang Gugatan UU Tax amnesty).

Dia berharap gugatan yang telah dilayangkan oleh sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat diikuti oleh pihak lainnya seperti akademisi serta buruh. Hal ini lantaran pengampunan pajak mencederai …

Selengkapnya : Dinilai Rawan, PKS Dorong Uji Materi Tax Amnesty