Cara Mudah Impor Barang dari Jepang dan Persyaratan Dokumennya

This item was filled under [ Mana Suka ]

Bisnis impor menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup digemari banyak orang. Jika digeluti dengan serius, maka bisnis impor ini akan menguntungkan. Salah satu negara yang jadi sumber barang impor berkualitas adalah Jepang. Negara maju Asia ini mampu memproduksi barang yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Ilustrasi impor barang dari Jepang
Ilustrasi impor barang dari Jepang

Bila Anda tertarik untuk melakukan impor barang dari Jepang, ada beberapa prosedur yang wajib Anda ketahui. Meski terlihat banyak yang perlu diurus, nyatanya mengimpor barang dari Jepang bisa dengan mudah dilakukan dengan langkah berikut ini.

Persiapan Impor

Dalam tahapan ini, Anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen yang berhubungan dengan perizinan. Anda tinggal menanyakan langsung ke supplier di Jepang mengenai informasi barang dengan lengkap. Mulai dari nama hingga spesifikasi serta nomor Harmonized Code dari barang.

Jangan lupa tanyakan term of shipment serta ukuran dari barang yang akan diberikan. Data tersebut dibutuhkan untuk mengurus impor di Indonesia. Sebagai importir, Anda wajib mengantongi beberapa izin dari pemerintah Indonesia. Berikut sederet izin yang dibutuhkan.

Izin dari Kementerian Perdagangan

Calon importir sebaiknya mempunyai sebuah izin khusus yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia. Izin ini kerap dikenal dengan API atau Angka Pengenal Impor.

Surat Keputusan Menteri Keuangan mengenai Bea Masuk Bebas

Anda bisa memanfaatkan fasilitas untuk pembebasan dari bea masuk. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, Anda tinggal mengajukan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor atau yang biasa disebut dengan KITE.

Ijin khusus

Sebelum melakukan kegiatan impor, Anda perlu memahami bahwa terdapat ijin khusus yang harus didapatkan bila Anda mengimpor bukan barang bekas. Ini menjadi salah satu jenis barang yang cukup banyak diimpor dari Jepang. Untuk mendapatkan ijin khusus, Anda perlu membutuhkan izin dari Kementerian Perdagangan serta tim surveyor yang independen.

Pelaksanaan Impor

Kegiatan impor pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan memakai L/C dan tidak memakai L/C. Anda biasanya akan mendapatkan sebuah surat untuk memberitahukan kedatangan barang dan kapal. Surat tersebut akan didapatkan dari forwarder yang Anda pakai.

Setelah barang sampai, Anda tinggal menukarkan surat tersebut dengan delivery order. Cara ini akan bisa mengeluarkan peti kemas dan bisa langsung diantar ke tempat Anda. Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan agar peti kemas bisa dikeluarkan. Berikut sederet dokumen yang perlu Anda miliki:

  • Packing List
  • Bill of Lading
  • Invoice
  • Delivery order
  • Certificate of Assurance
Informasi ini disampaikan oleh: Importir China
Jangan lupa untuk menyiapkan surat izin khusus bila impor barang bekas serta SK mengenai bebas bea masuk bila menggunakan fasilitas KITE. Semua dokumen di atas menjadi persyaratan supaya bisa mendapatkan surat Pemberitahuan Impor Barang atau PIB. Hal utama dalam impor barang adalah kelengkapan dokumen.
Menjalankan bisnis impor dari Jepang adalah hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Bisnis ini bisa menjanjikan asal Anda memahami produk terbaik dan pastinya menemukan supplier dengan harga bagus. Tapi jangan lupa memahami prosedur untuk impor barang dari Jepang.