Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak [Panduan lengkap]

This item was filled under [ Mana Suka ]

Seiring dengan berkembangnya kemudahan akses informasi serta pertumbuhan media sosial yang begitu pesat, tingkat kriminalitas siber juga semakin meningkat. Facebook sebagai salah satu platform media sosial terpopuler saat ini kerap kali menjadi incaran para hacker pemula untuk mengambil kuntungan dari akun media sosial yang dimiliki orang lain.

mengembalikan akun facebook yang diretas
mengembalikan akun facebook yang diretas

Oleh karenanya, bagi kalian yang merasa akunnya telah diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab, Anda harus cepat-cepat mengambil tindakan yang tepat agar akun Facebook Anda dapat kembali. Karena jangan salah, resiko paling kecil yang terjadi jika akun sudah jatuh ke tangan yang salah adalah mereka akan menghubungi daftar pertemanan di profil Facebook Anda, dan berpura-pura meminjam sejumlah uang seolah-olah yang meminjam adalah diri Anda sendiri.

Cara Mendapatkan Kembali Akun FB yang Telah Diretas

Sebelum hal itu terjadi, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun Facebook yang dihack oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab:
  1. Laporkan akun Facebook yang telah diambil oleh peretas di tautan facebook.com/hacked kemudian pilih opsi “Akun Saya Dibobol
    laporkan akun facebook yang dihack
    laporkan akun facebook yang dihack

  2. Setelahnya, masukkan detail yang tertaut dengan akun Facebook Anda. Ada dua pilihan yang bisa Anda masukkan, pertama adalah nomor ponsel dan kedua alamat email. Pilih salah satu yang masih bisa Anda akses saat ini.
    masukkan nomor ponsel atau email akun fb
    masukkan nomor ponsel atau email akun fb

  1. Setelah memasukkan salah satu detail diatas, akan muncul pilihan untuk memasukkan password akun Facebook Anda. Jika kamu merasa kata sandi Anda sudah diubah, silakan masukkan password lama atau kata sandi yang sudah pernah Anda gunakan sebelumnya (tidak harus kata sandi terakhir).
masukkan sandi lama Anda
masukkan sandi lama Anda

  1. Ikuti step-step selanjutnya hingga selesai dan submit laporan Anda. Setelahnya, tunggu tindak lanjut dari tim Facebook dan setelah mendapatkan konfirmasi dan beberapa metode verifikasi identitas, akun Anda sudah bisa diakses kembali dengan mereset ulang akun Facebook dengan kata sandi yang baru.

Cara Mencegah Akun Facebook Anda Dihack

Mungkin sebagian pengguna Facebook belum sadar, bahwa diluar sana, sangat banyak tangan-tangan usil yang sengaja menyasar pengguna yang lengah untuk diambil akun FB-nya. Oleh karena itu, sebagai pengguna yang bijak, Anda harus lebih waspada dan melakukan beberapa tindakan pencegahan agar akun Anda aman dari serangan peretas yang hendak mencuri dan mengambil kuntungan dari kelengahan Anda. Berikut beberapa tips ampuh yang bisa Anda terapkan agar akun Facebook Anda tetap aman:
  • Gunakan fitur autentikasi dua faktor dengan cara login ke akun Facebook Anda, setelahnya buka menu settings pada menu di pojok kanan atas atau langsung buka halaman berikut: https://www.facebook.com/settings.
    fitur keamanan facebook
    fitur keamanan facebook

  • Klik menu edit dan pilih satu diantara pilihan metode kemanan berikut; Autentikasi menggunakan aplikasi artinya Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Authenticator untuk menggunakan metode ini. Pilih opsi pesan teks (sms) jika metode otentikasi ingin dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel Anda.
    metode keamanan akun fb
    metode keamanan akun fb

  • Setelah berhasil menggunakan two-factor authentication di akun Facebook Anda, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kerahasiaan email serta keamanan email dengan juga mengatifkan fitur keamanan seperti otentikasi 2 langkah di akun email Anda.
  • Cara terakhir untuk menjaga akun Facebook Anda benar-benar aman ialah jangan pernah login akun Facebook Anda di perangkat publik seperti warnet atau komputer kantor, karena pencuri dapat dengan mudah membaca password yang tersimpan didalam browser cache komputer tersebut.
Jika semua cara diatas sudah Anda lakukan, akun Facebook Anda seharusnya sudah lebih aman dan Andapun bisa menggunakannya dengan tenang. Tapi jangan lupa, perkembangan dunia siber juga tidak kalah canggih dan selalu ada inovasi baru untuk mencuri kata sandi serta akun media sosial dengan beragam cara dan metode. Oleh karenanya, kewaspadaan Anda menjadi modal utama yang harus selalu diutamakan kapanpun Anda menggunakan media sosial, selamat mencoba!