BNI Akan Miliki Perusahaan Modal Ventura Tahun Depan

This item was filled under [ Info bisnis ]

BNI KATADATA|Arief Kamaludin

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, berencana mendirikan perusahaan modal ventura pada tahun depan. Perusahaan baru ini akan menjadi wadah bagi BNI untuk melakukan kolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) yang semakin berkembang di Indonesia.

Direktur Perencanaan dan Operasional BNI, Bob Tyasika Ananta menjelaskan, pihaknya terus mengamati perkembangan fintech di tanah air. Dengan pertumbuhannya yang semakin pesat, BNI pun berencana melakukan kolaborasi dengan perusahaan berbasis digital ini untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Namun, Bob mengatakan, sebagai Bank, BNI tidak bisa begitu saja mengakuisisi atau masuk dalam bisnis fintech. Alhasil, BNI perlu membentuk perusahaan modal ventura agar bisa melakukan pendanaan dan berkolaborasi dengan fintech.

Kepemilikan perusahaan modal ventura ini pun sudah termaktub dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) milik BNI. “Bayangan saya, tahun 2018 kami sudah punya modal ventura, ” ujarnya saat diskusi dengan media, di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Senin (18/12).

(Baca: BNI Akan Miliki Perusahaan Modal Ventura Tahun Depan