Bidik Dana Timur Tengah, SMI Bakal Terbitkan Sukuk

This item was filled under [ Info bisnis ]

Rupiah

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mengincar pendanaan dari investor Timur Tengah guna membiayai beragam proyek infrastruktur. Untuk itu, perusahaan pelat merah di bidang pembiayaan infrastruktur ini berencana menerbitkan surat utang syariah (sukuk).

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini menyatakan, banyak investor Timur Tengah yang memerlukan aset dasar atau underlying asset berbasis syariah untuk menginvestasikan dananya. “Kalau kita tidak punya produknya akan agak sulit tapping dana syariah itu untuk mendukung kapasitas pembiayaan infrastruktur, ” katanya di Bali, Kamis (8/12).

Namun, sebelum menerbitkan sukuk, SMI akan lebih dulu merealisasikan pembentukan unit usaha syariah (UUS). Nantinya, UUS ini akan memiliki produk pembiayaan dengan skema ijarah IMBT (sewa menyewa). Sejauh ini, Emma mengaku sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta persetujuan Dewan Pengawas Syariah untuk mengoperasikan UUS.  

“Tinggal persiapan operasionalnya adalah produk yang akan kamiberikan yaitu ijaroh IMBT harus di-endorse dulu oleh DPR, ” kata Emma. Ia menargetkan UUS bisa mulai beroperasi pada awal tahun …

Selengkapnya : Bidik Dana Timur Tengah, SMI Bakal Terbitkan Sukuk