BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Lebih Tinggi

This item was filled under [ Info bisnis ]

Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) masih optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal II nanti bakal meningkat dengan dukungan beberapa faktor. Padahal, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2016 lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya dan meleset di bawah perkiraan BI dan sejumlah ekonom.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal I tahun ini hanya 4, 92 persen atau lebih rendah dibandingkan kuartal IV-2015 yang sebesar 5, 04 persen. Sementara sebelumnya BI dan beberapa ekonom memperkirakan, ekonomi pada tiga bulan pertama tahun ini bisa tumbuh di atas 5 persen.

Direktur Ekstekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menilai, penyebab utama lebih rendahnya pertumbuhan ekonomi kuartal I-2016 adalah keterbatasan pertumbuhan konsumsi pemerintah dan investasi. Pangkal soalnya adalah pola musiman belanja pemerintah di awal tahun yang masih relatif terbatas. Sementara itu, investor swasta cenderung menunggu (wait and see) sehingga kegiatan investasi masih rendah.

Meski begitu, bank sentral optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal II nanti akan meningkat. Penopangnya adalah peningkatan stimulus fiskal, khususnya terkait dengan  …

Selengkapnya : BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Lebih Tinggi