Bertemu Menkeu, Bankir Cemaskan Risiko Banjir Dana Tax Amnesty

This item was filled under [ Info bisnis ]

Rupiah

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro akan mempersiapkan paket instrumen untuk menampung dana repatriasi program pengampunan pajak (tax amnesty). Rencana ini disusun menanggapi kekhawatiran para bankir terhadap banjir dana repatriasi ke perbankan kalau kebijakan pengampunan pajak berlaku tahun ini.

Kekhwatiran tersebut disampaikan para bankir saat menghadiri pertemuan dengan Bambang di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Kamis (12/5) sore. Menurut Bambang, pertemuan bertujuan mencari tahu kesiapan dan keluhan perbankan menghadapi masuknya dana para wajib pajak yang merepatriasi asetnya ke dalam negeri. Para bankir pun mengaku kerepotan jika mayoritas wajib pajak tersebut menempatkan dananya di instrumen deposito.

Karena itu, ia berencana membuat skema yang bisa mengintegrasikan seluruh instrumen untuk menampung dana hasil deklarasi dan repatriasi dalam program pengampunan pajak. Instrumen investasi yang akan digunakan yakni Surat Berharga Negara (SBN), saham, dan perbankan.

“Jadi kami tidak bicara bank menyiapkan apa, tapi kami siapkan paket instrumennya, ” kata Bambang di Jakarta, Jumat (13/5).

(Baca: Tanpa …

Selengkapnya : Bertemu Menkeu, Bankir Cemaskan Risiko Banjir Dana Tax Amnesty