Bawaslu Kaji Dugaan Serangan Personal Jokowi ke Prabowo soal Lahan

This item was filled under [ Info bisnis ]

Debat Capres II

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengkaji dugaan serangan personal yang dilakukan Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo kepada pesaingnya, Prabowo Subianto dalam Debat Capres putaran kedua. Dugaan serangan personal yang dimaksud adalah ketika Jokowi menyindir Prabowo terkait kepemilikan ratusan ribu hektare lahannya.

Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, kajian itu dilakukan untuk melihat apakah serangan Jokowi tersebut merupakan bagian pelanggaran Pemilu. “Hal itu sudah menjadi bahan kajian kami, untuk melihat apakah ini melanggar dugaan Pemilu, apakah dugaan melanggar debat, ” kata Fritz di kantornya, Jakarta, Senin (18/2).

Menurut Fritz, sebenarnya tidak ada larangan untuk menyerang personal dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Aturan tersebut hanya mengatur masalah ujaran kebencian dan penghinaan.

Aturan terkait penyerangan personal hanya ada pada tata tertib debat. Sanksi pelanggaran aturan tersebut hanya berupa sanksi etik. “Atau mungkin bisa menjadi fokus KPU, dasar mempersiapkan debat ketiga, ” kata Fritz.

Lagipula, serangan Jokowi itu sudah dikonfirmasi …

Selengkapnya : Bawaslu Kaji Dugaan Serangan Personal Jokowi ke Prabowo soal Lahan