Bappenas: Hanya Jepang yang Tertarik Biayai Pelabuhan Patimban

This item was filled under [ Info bisnis ]

bappenas

KATADATA – Pemerintah berencana mengambil pinjaman dari Jepang untuk membiayai pembangunan proyek Pelabuhan Patimban. Alasannya, hingga saat ini hanya Jepang yang sudah menyatakan kesiapannya untuk membiayai proyek tersebut.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan belum ada investor negara lain yang menyampaikan minatnya untuk membiayai proyek Pelabuahan Patimban. “Hanya Jepang yang nyatakan tertarik, belum ada negara lain lagi yang tertarik, ” kata Direktur Transportasi Bappenas Bambang Prihartono di kantornya, Jakarta, Kamis (31/3).

Bambang menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membahas skema pendanaan proyek ini. “Setelahnya, kami akan bahas bersama dengan Kemenhub mengenai kapan (utang) dimasukkan dalam Bluebook (daftar rencana utang pemerintah), ” ujarnya. (Baca: Usulan Jonan, Pemerintah Bahas Utang Jepang untuk Pelabuhan Patimban)

Kemudian Kementerian Keuangan akan menilai skema pembiayaan yang ditawarkan Jepang mengenai utang ini. Penilaiannya adan ditinjau dari besaran bunga, jangka waktu (tenor) pinjaman dan juga …

Selengkapnya : Bappenas: Hanya Jepang yang Tertarik Biayai Pelabuhan Patimban